Contoh Ide Rumah Minimalis Dengan 2 Lantai

Contoh Ide Rumah Minimalis Dengan 2 Lantai

Agoitzgorria –┬áDalam membangun rumah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Selain budget untuk membangun rumah, penting juga untuk mendesain rumah yang sesuai dengan selera dan kebutuhan keluarga. Salah satu tipe rumah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sendiri adalah tipe 36 ukuran.

Ukuran rumah ini umumnya identik dengan konsep modern dan desain minimalis. Selain sangat cocok untuk keluarga muda, budget yang dibutuhkan untuk membangun denah rumah type 36 umumnya tidak terlalu besar.

Sayangnya, ukuran tipe 36 tidak terlalu lebar. Untuk menghindari kendala ruang secara efektif, banyak orang membuat rumah 2 lantai jenis ini.

1. Tanah 60 m2

Tipe rumah 36/60 merupakan salah satu tipe rumah standar di Indonesia. Memiliki lahan yang tidak terlalu luas dapat diatasi dengan menjadikannya bangunan 2 lantai. Salah satunya adalah dengan desain rumah minimalis seperti ini.

Rumah sengaja dibangun tinggi untuk memberikan kesan luas, lapang, dan lega, meski luas perseginya terbatas. Agar lebih optimal, Anda bisa menambahkan mezzanine pada rumah agar memiliki ruang dan tempat penyimpanan yang lebih luas. Untuk mendapatkan hasil maksimal, gunakan cat berwarna terang yang tidak membuat rumah terlihat sempit.

2. Tanah 72 m2

Desain rumah minimalis type 36 2 lantai berikut adalah untuk bangunan type 36/72. Selain tipe 36/60, tipe rumah yang paling umum berikutnya adalah tipe 36/72. Pada umumnya rumah jenis ini memiliki fasad yang cukup luas yang dapat berfungsi sebagai taman kecil dan garasi untuk kendaraan.

Buatlah geladak lebih tinggi dari bagian depan rumah untuk memisahkan geladak dan garasi, agar kendaraan dapat terlindung dari hujan dan sengatan matahari, buatlah tenda yang menyatu dengan bagian lantai dua agar lebih sederhana.

3. Tanah 80 m2

Dibandingkan dengan dua tipe rumah sebelumnya, tipe rumah 36/80 ini memiliki kavling yang lebih luas. Anda bisa mencoba desain rumah minimalis 2 lantai seperti ini. Bagian garasi sengaja diperbesar untuk menampung beberapa kendaraan sekaligus. Ingat, untuk mempercantik hunian, sisakan fasad di samping garasi untuk taman kecil.

Lantai kedua juga dapat memiliki balkon minimalis kecil dengan kaca buram dan partisi untuk memberikan privasi bagi pemiliknya. Jangan lupa berikan kanopi pada garasi untuk melindungi rumah dari hujan dan sinar matahari yang bisa berdampak pada kendaraan.

4. Tipe 36 Modern

Memiliki rumah modern adalah impian hampir semua orang, namun bagaimana jika Anda memiliki luas yang terbatas seperti rumah Type 36? Atasi rintangan tersebut dengan mengambil inspirasi dari rumah 2 lantai tipe 36 minimalis modern ini.

Garasi sengaja dibuat di dalam, sedangkan rumah dibangun tanpa teras yang luas untuk bersantai agar para tamu yang datang bisa langsung masuk ke dalam rumah. Untuk lantai 2 diperpanjang dari atas garasi hingga ke teras rumah untuk memanfaatkan ruang yang ada di lantai atas. Dengan begitu, rumah memiliki banyak ruang dengan pencahayaan yang baik karena memiliki jendela di setiap sisinya.

5. Tipe 36 Sederhana

Desain rumah minimalis 2 lantai type 36 berikut ini diperuntukkan bagi mereka yang menyukai desain sederhana. Rumah tersebut tidak memiliki banyak detail dan dekorasi, dibangun dengan cara sesederhana mungkin. Seperti garasi rumah yang berada tepat di samping ruang tamu, serta teras kecil di bagian depan rumah.

Bagian atas juga terlihat lebih sederhana dengan hanya dua jendela untuk setiap ruangan dan dibuat tanpa balkon. Agar lebih cantik, eksterior rumah bisa menggunakan batu alam yang memberikan kesan estetik pada rumah.

6. Tipe 36 Hook

Bagi Anda yang memiliki rumah bergaya 36 kait atau samping/sudut, desain rumah minimalis 2 lantai ini sangat cocok. Biasanya rumah kail memiliki lahan yang lebih luas, hal ini bisa digunakan untuk membangun bangunan yang sedikit lebih lebar.

Rumah ini dibangun dengan bagian tengah sebagai bangunan utama yang lebih panjang dari dua bagian lainnya. Di sisi kanan, petak yang tersisa bisa dinaikkan sedikit untuk dijadikan teras. Sedangkan di sebelah kiri, sisa lahan bisa digunakan sebagai garasi kendaraan.

Untuk memiliki bangunan seperti ini, pilihlah jendela yang berukuran besar untuk mendapatkan cahaya dan aksen yang maksimal agar rumah tidak terlihat kusam.

Referensi:

Rumarumi.com